“IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum“.



PENGUNAAN IPTEK UNTUK PENANGANAN JALAN DI ERA MASA DEPAN
pembuatan jalan
Pembangunana Jalan
Seiring dengan perkembangan IPTEK yang semakin luas melingkupi berbagai disiplun ilmu. Membuat inovasi senantiasa terus-menerus berkembang ke segala bidang.tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan sebuah IPTEK menghantarkan diri ke segala aktivitas. Terlebih pada bidang pembangunan jalan, membuat para pelaku mebuat para pelaku pembuatan jalan diberikan kemudahan dalam membuat jalan. diera yang serba moderen dan canggih ini banyak tercipta teknologi yang mempermudah penggunanya seperti elevator. Dengan adanya alat tersebut seseorang bisa membersihkan lahan dan menggali maupun mengurug tanah, ditambah tandem roller pada saat penghamparan lapis pondasi atas, dan lapis permukaan. Pada saat penghamparan material pondasi dilakukan pekerjaan pengukuran elevasi urugan dengan alat teodolit dan masih banyak lagi alat-alat lainya sehingga pekerjaan jalan begitu cepat dan mudah.
Tapi pembangunan jalan sering melupakan pemeliharaan dan pengawasan jalan yang sudah di buat sehingga setelah jalan itu jadi, beberapa bulan atau tahun jalan itu rusak kembali,banyak lubang disana-sini sehingga membahayakan pengendara motor,mobil dan kendaraan lainya.
Untuk mengatasi permasalahan itu maka di perlukan hal-hal sebagai penunjang pengawasan dan perawatan oleh dinas pekerja umum dengan memanfatkan IPTEK meliputi :
1.      Penggunaan cip ( atau penenanaman PENANDA di jalan untuk mengetahui umur jalan sehinga bisa di ketahui melalui komputer atau lewat internet untuk diukur kapan jalan itu bisa di ganti atau di perbaiki)
2.      Penggunaan GPS untuk memantau kerusakan jalan di setiap kota sehingga mudah dan cepat mengatasinya
3.      Penggunaan CCTV untuk memantau jalan di setiap titik yang sering terjadi kerusakan sehinga bisa tau dan segera di perbaiki
4.      Pengunaan lampu jalan dengan tenaga surya (sebagai penghematan energi listrik)
5.      Membuat nomor geteway atau costumer service yang di bisa dihubungi langsung oleh masyarakat jika ada jalan yang rusak
6.      Dilakukan kontrol dan pengecekan jalan oleh petugas PU dengan membagi jadwal kepada pegawai PU untuk keliling ke jalan2 di sekitar kota sebagai kontroling
7.      Penataan jalan dan pemeliharaan jalan yang lebih baik dengan menjunjung tinggi VISI dan MISI dinas Pekerjaan Umum (PU)
Solusi itu digunakan untuk menjaga kenyaman dan keamanan pengguna jalan raya, untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan,dan untuk mendukung visi Indonesia Sejahtera 2025 sehingga masyarakat atau pengguna jalan raya dalam melakukan aktifitas bisa nyaman, aman dan sejahtera.
“IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum“. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Posting Komentar