RPP PKN Kurikulum 2013 Materi Menatap Tantangan integrasi Nasional

Tantangan integrasi Nasional

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP Kurikulum 2013) 

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1
Mata Pelajaran                       : Pendidikan Pancasila dan  Kewarganegaraan        
Kelas/Semester                       : XI/dua           
Materi Pokok                          : Menatap Tantangan integrasi Nasional
Alokasi Waktu                         : 4 x pertemuan  (8 x 45 menit)         


A.       Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3  Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidup­an bermasyarakat, ber­bangsa, dan bernegara.
1.1.1         
2
2.2. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.2.1 
3
3.7   Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7.1.Mengidentifikasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional.
3.7.2. Menganalisis strategi negara dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional.
3.7.3. Menyaji hasil identifikasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional
3.7.4. Menyaji hasil analisis strategi negara dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional
4.
 4.7  Menyaji hasil anĂ¡lisis tentang strategi untuk mengatasi ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7.1 Mengidentifikasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional.
4.7.2. Menganalisis strategi negara dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional.
4.7.3. Menyaji hasil identifikasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional
4.7.4. Menyaji hasil analisis strategi negara dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional

C.        Tujuan Pembelajaran  
Pertemuan 1
Melalui kegiatan, Mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.      Mengidentifikasi ancaman militer yang dihadapi negara Indonesia baik ancaman dari dalam maupun dari luar.
2.      Mengidentifikasi jenis-jenis ancaman non militer yang berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya
3.      Menyajikan hasil identifikasi ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia baik ancaman dari dalam maupun dari luar.
4.      Menyaji hasil identifikasi jenis-jenis ancaman non militer yang berdimensi ideology, politik, ekonomi, dan sosial budaya
Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.      Mengidentifikasi strategi yang diterapkan negara dalam menghadapi ancaman militer
2.      Mengidentifikasi strategi yang diterapkan negara dalam menghadapi ancaman non militer
3.      Menyajikan hasil identifikasi dan analisis terkait strategi yang diterapkan Negara dalam menghadapi ancaman baik yang bersifat militer maupun non militer
Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.      Mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional.
2.      Menganalisis alternatif kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional.
3.      Menyusun rencana tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan intergrasi nasional.
4.      Menyaji hasil indentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional.
5.      Menyaji hasil analisis alternatif kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional.
6.      Menyaji hasil rencana tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional.


Pertemuan 4
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.      Menyajikan hasil identifikasi dan analisis terkait ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia di berbagai bidang.
2.      Menyajikan hasil identifikasi dan analisis terkait strategi yang diterapkan negara dalam menghadapi ancaman baik yang bersifat militer maupun non militer.
3.      Menyajikan analisis terhadap persoalan-persoalan yang terjadi yang berpotensi mengancam integrasi dan kepribadian nasional
D.       Materi Pembelajaran 
1.         tentang Ancaman terhadap Integrasi Nasional( Pertemuan I)
2.    Strategi dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integritas nasional. Materi ini terdiri atas dua bagian yaitu strategi dalam mengatasi ancaman militer dan Strategi dalam mengatasi ancaman non militer.(pertemuan 2)
3.    mengkaji masalah-masalah yang berkaitan dengan integrasi nasional.(petemuan 3)
4.    a.Rendahnya rasa nasionalisme dikalangan remaja
       b. Rendahnya kesadaran generasi muda akan budaya daerah dan budaya nasional
       c. Semakin meningkatnya angka kemiskinan
       d. Banyaknya remaja yang lebih senang terhadap budaya barat dibandingkan budaya nasional.
           ( pertemuan 4)
E.        Metode Pembelajaran
1.        Pendekatan               : Pembelajaran Saintifik
2.                                                                            
F.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
·      Dokumentasi ancaman dalam membangun integrasi nasional spt;






Tindakan anarkis menjadi ancaman bagi Bangsa Indonesia dalam bidang politik.


Perwujudan kemanunggalan TNI/Polri dan rakyat.

·      Film tentang kerusuhan 13-14 mei 1998,
2.         Alat dan bahan
LCD             
3.         Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Peserta didik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI. Jakart: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan KebuXdayaan Republik Indonesia.
3.      Buku referensi lain yang relevan

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Salam dan do’a bersama
3.      Apersepsi
4.      Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar Peserta didik dengan menanyakan kemampuan awal Peserta didik tentang Menatap tantangan integrasi nasional
5.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari.
7.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang pola kegiatan belajar yang akan dilaksanakan, yaitu belajar secara berkelompok.

10 menit
Kegiatan Inti
1.    Sebelum peserta didik membahas tentang mewaspadai ancaman terhadap integrasi nasional terlebih daahulu guru menjelaskan tentang konsep Menatap tantangan integrasi nasional.
Mengamati
2.    Peserta didik diberi tugas untuk melakukan pengamatan tentang berbagai dokuementasi tentang bentuk-bentuk ancaman yang dihadapai bangsa indonesia baik yang berupa ancaman dlam bentuk militer maupun non militer dalam membangun integrasi nasional
3.    Peserta didik membuat pertanyaan tetang Menatap tantangan integrasi nasional (dimana diharapkan peserta didik dapat membuat 3 (tiga) pertanyaan yang berbeda dengan teman sebangku.
Mengumpulkan data
4.    Peserta didik secaraberkelompok mengumpulkan data/ informasi berkaitan dengan bentuk-bentuk ancaman dalam membangun integrasi nasional Sekaligus juga untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuatnya.


70 menit







Penutup
1.      Peserta didik dengan difasilitasi guru membuat rangkuman atau simpulan atas hasil diskusi dan pemecahan masalah yang telah dilakukan;
2.      Peserta didik diberi kesempatan oleh guru untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan;
3.      Guru mengadakan evaluasi pembelajaran;
Guru memberi tugas pada pada Peserta didik dalam bentuk  Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika  
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Salam dan do’a bersama
3.      Apersepsi
4.      Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar Peserta didik dengan menanyakan kemampuan awal Peserta didik tentang menatap tantangan integrasi nasional
5.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari.
7.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang pola kegiatan belajar yang akan dilaksanakan, yaitu Disvovery learning.
10 menit
Kegiatan Inti
1.    Sebelum peserta didik menganalisis tentang bentuk-bentuk ancaman integrasi nasional baik militer maupun non militer, guru menanyakan hasil kegiatan pengumpulan data yang dilakukan (mengamati dan menanya) pada pertemuan sebelumnya.
Mengasosiasi
2.    Peserta didik diberi tugas untuk membuat pernyataan yang menjelaskan hubungan sebab akibat berdasarkan data yang diperoleh pada waktu kegiatan pengamatan dan menanya;
3.    Peserta menuliskan/menyampaikan pendapatnya tentang Bentuk-bentuk ancaman integrasi nasional baik militer maupun non militer berdasarkan data yang diperolehnya.
4.    Peserta didik menyusun laporan hasil analisis tentang ancaman integrasi nasional berdasarkan data yang telah ditemukan.

70 menit







Penutup
4.      Peserta didik dengan difasilitasi guru membuat rangkuman atau simpulan atas hasil diskusi dan pemecahan masalah yang telah dilakukan;
5.      Peserta didik diberi kesempatan oleh guru untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan;
6.      Guru mengadakan evaluasi pembelajaran;
7.   Guru memberi tugas pada peserta didik dalam bentuk mempersiapkan untuk mengkomunikasikan hasil kajiannya.
10 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Salam dan do’a bersama
3.      Apersepsi
4.      Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan menanyakan perkembangan pekerjaan yang diberikan guru pada pertemuan sebelumnya;
5.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang indikator dan tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari.
7.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang pola kegiatan belajar yang akan dilaksanakan, yaitu problem-based learning.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengasosiasi
1.    Peserta didik diberi tugas untuk membuat penalaran atas hasil analisisnya tentang permasalahan yang berkaitan dengan integrasi nasional
Mengkomunikasikan
2.    Peserta didik secara bergiliran mengkomunikasikan secara lisan hasil analsis kasus tersebut dalam kegiatan diskusi kelas;
3.    Peserta didik yang lain memberi tangggapan atas presentasi yang dilakukan siswa lain;
4.    Penegasan dari guru terhadap substansi materi dalam kegiatan diskusi kelas;


70 menit







Penutup
1.      Peserta didik dengan difasilitasi guru membuat rangkuman atau simpulan atas hasil diskusi dan pemecahan masalah yang telah dilakukan;
2.      Peserta didik diberi kesempatan oleh guru untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan;
3.      Guru mengadakan evaluasi pembelajaran;
4.   Guru memberi tugas pada peserta didik untuk menindaklanjuti hasil kajian agar dikomunikasikan dalam media publik.
10 menit
H.       Penilaian
1.         Sikap

a.        Teknik                                        : Observasi
b.        Bentuk Instrumen                      : Lembar observasi

     Instrumen: lihat Lampiran ...

2.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik                                   : Tes lisan
                                   b.            Bentuk Instrumen: Uraian    :
                                   c.            Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Menjelaskanskan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial

Jelaskan posisi silang negara indonesia dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan soaial

  1.  
Menjelaskan ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini?

Jelaskan ancaman militer yg paling mengancam integrasi nasionak bangsa indonesia pada saat ini

  1.  
Menjelaskan strategi bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman-ancaman yang bersifat non-militer?

Jelaskan strategi bangsa indonesia dalam mengatsi ancaman-ancaman yang bersifat non militer

  1.  
Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap integrasi nasional
Menjelaskan bentuk-bentuk ancaman terhadap integrasi nasional
Instrumen: lihat Lampiran ...

3.         Keterampilan

a.        Teknik: Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Presentasi


  1.  



  1.  



  1.  


                                


































INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.   Petunjuk Umum
1.       Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.       Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.    Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.    Lembar Observasi



LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                               : VIII
Semester                                      : 2 (dua)
Tahun Pelajaran                         : 2014
Periode Pengamatan               : Tanggal s.d. ...
     Butir Nilai                                       : 
Indikator Sikap                            :
1.    Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
2.    Berserah diri pada Tuhan.
3.    Menerima semua anugerah Tuhan.
Keterangan:
1.       Masing-masing indikator di atas dapat dibuat instrumen penilaiannya satu satu, sehingga ada tiga instrumen penilaian yang terpisah.
2.       Untuk memudahkan penghitungan, guru sebaiknya membuat satu instrumen saja yang menggabungkan tiga indikaor sekaligus seperti dapat dilihat di bawah ini.
No.

Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
       1.             
Ambarsyahroni
3
4
3
10
(10:12)x4=3,3
Tuntas
      2.             
Nuning sari
3
2
3
8
  (8:12)x4=2,6
Tuntas
      3.             
Dst…













PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SPIRITUAL

1.    Rumus Penghitungan Skor

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4

2.    Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:

Sangat Baik (SB)         : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                          : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)                      : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)                    : apabila memperoleh  Skor AkhirSkor Akhir ≤ 1,33







Lampiran : 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.   Petunjuk Umum

1.       Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.
2.       Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.    Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.    Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                               : VIII
Semester                                      : 2 (dua)
Tahun Pelajaran                         : 2014
Periode Pengamatan               : Tanggal s.d. ...
Butir Nilai                                      :
Indikator Sikap                            :
1.       Menghormati pendapat orang lain.
2.       Bergaul dengan teman tanpa membeda-bedakan.
3.       Tidak memaksakan kehendak.

No.

Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Sosial
(1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/ Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
       1.             
Joko Widodo
4
3
3
10
(10:12)x4=3,33
Tuntas
      2.             
Chalwahdiatu
2
3
3
8
(8:12)x4=2,67
Tuntas
      3.             
Dst…








Guru Mata Pelajaran,

                                                                                                                         





PETUNJUK PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI SIKAP SOSIAL

1.    Rumus Penghitungan Skor Akhir


Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4

2.    Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:

Sangat Baik (SB)         : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                          : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)                      : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)                    : apabila memperoleh  Skor AkhirSkor Akhir ≤ 1,33


INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPLAN
(LEMBAR PRESENTASI)


Instrumen : Rubrik presentasi
No
Nama

ASPEK


Jumlah skor


Komunikasi
Penyajian
Wawasan
Penampilan

1
Ambar





2
Budhayanti





3
Emy





4
Susanto





5
Yuianto






PETUNJUK PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI KETRAMPILAN ( Presentasi))

Keterangan skor:
Masing-masing kolom diisi dengan Skor 1 – 5:
5= Istimewa
4=baik sekali
3=baik
2=cukup
1=kurang

Nilai=  ∑ skor Perolahan
             .........................x 100
          Skor maksimal(20)
      
                                                                                                                                             




























RPP PKN Kurikulum 2013 Materi Menatap Tantangan integrasi Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendry Wibowo

Poskan Komentar